Berita Terbaru

Jadi Mitra Comdev 2024, Omzet UMKM Endull Naik 10X Lipat

Berita Kuningan - Sekitar hampir 100 Pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan menjadi mitra dari seribu Mahasiswa yang sedang menjalani program Comunity Devlopment (Comdev) di Kabupaten Kuningan, salah satunya  Rusniah, Pelaku UMKM dengan produk bawang goreng dengan merk Endull, asal Desa Bojong, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan.

Rusniah menuturkan, program Comdev ini sangat dirasakan sekali manfaatnya. Tahun 2024 ini merupakan kali kedua dirinya mengikuti program Comdev. Menurut perempuan yang akrab disapa Rini ini, konsep pendampingan berkelanjutan seperti ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM seperti dirinya.

"Program Comdev ini sangat membantu untuk mengembangkan usaha saya. Tahun kemarin saya menjadi mitra, dibantu oleh kelompok mahasiswa untuk perbaikan kemasan, branding, dan legalitas. Tahun ini, dilanjutkan untuk dibantu pengembangan usaha saya, fokus utamanya adalah pemasaran dan penjualan," ungkap Rini, Senin (11/3/2024).

Setelah mendapat bantuan dari mahasiswa kelompok tahun 2024 ini, penjualan produknya meningkat pesat. Bahkan omzetnya naik sepuluh kali lipat dari biasanya dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

"Comdev tahun ini, saya meminta bantuan mahasiswa dari kelompok KUM030 untuk fokus ke pemasaran. Alhamdulillah, dengan wasilah ikut Comdev tahun 2024, belum dua puluh hari disini, atas ijin Allah omzet penjualan mencapai sepuluh kali lipat lebih banyak dari biasanya," ujarnya dengan sumringah.

Pasarnya pun kini semakin luas. produknya telah terjual di luar kota seperti Yogyakarta dan Surabaya, bahkan  mendapat pesanan sangat banyak dari luar pulau yakni Pekan Baru, Kepulauan Riau.

Rini berharap, manfaat yang dirasakannya kini bisa terus berkelanjutan. Setelah program Comdev 2024 ini penjualannya bisa tetap meningkat, pemasaran semakin luas. Selain itu, dirinya juga berharap tahun depan akan kembali dilaksanakan Comdev di Kuningan, sehingga bisa melanjutkan untuk membantu pengembangan usahanya.

"Semoga tahun depan masih ada kelanjutan. Saya berencana untuk fokus ke branding, agar bawang goreng Endull bisa lebih terkenal lagi. Terimakasih untuk seluruh jajaran Kampus Prasmul, PPUK, DOC, Fasil, dan Mahasiswa yang banyak membantu kami, pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan," pungkasnya. (AR27/Red)

Tidak ada komentar