Berita Terbaru

Angkat Citra Kopi Kuningan, Mahasiswa Comdev Prasmul Gelar Acara Kopi Kuningan

Berita Kuningan - Dalam rangka memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran produk kopi lokal, agar para pelaku usaha dapat meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif, Mahasiswi Prasetya Mulya (Prasmul) mengelar acara Kopi Kuningan dengan tema Menyelami Kekayaan Budaya dan Nikmat Kopi Lokal, hari Ahad (3/3/2023) di Balai Desa Kadugede, Kec. Kadugede Kab. Kuningan.

Acara yang merupakan rangkaian dari program Comunity Devlopment (Comdev) tersebut juga sekaligus untuk membangun citra positif tentang kopi Kuningan sebagai produk berkualitas tinggi dengan nilai budaya yang kaya, sehingga dapat menarik minat konsumen lokal maupun internasional, dan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan best practice antara para pelaku usaha kopi lokal, ahli digital marketing, dan komunitas pecinta kopi, untuk saling memperkaya dan memperkuat industri kopi Kuningan.

"Jadi, konsepnya di sini kita sebenarnya membawa dan bekerjasama dengan tenant-tenant kopi pastinya untuk menciptakan cita positif dari kopi Kuningan sendiri, karena seperti yang kita tahu ya, Kuningan itu terkenal dengan kopinya dan kan masih banyak orang belum melek akan pentingnya tentang edukasi kopi jadi di sini kita mau membawa kopi supaya bisa lebih terkenal lagi di mata konsumen, baik itu lokal, maupun internasional," ungkap Monica Abigail Isha, Ketua Acara Kopi Kuningan.

Selain itu, diharapkan kedepannya dapat membuka peluang untuk membangun jaringan dan kemitraan antara para pelaku usaha kopi lokal dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk instansi pemerintah, lembaga pendidikan, dan sektor swasta, untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan industri kopi Kuningan secara berkelanjutan.

"Harapannya, kami ingin membantu semua warga Kabupaten Kuningan, khususnya generasi muda di Kadugede untuk bisa lebih terbuka lagi akan edukasi terkait kopi, baik itu literasi sejarah, cara pembuatan, proses, maupun cara memasarkan UMKM kopi sendiri. Kami berharap dengan adanya acara ini, banyak generasi muda bisa terbantu dan mau nantinya membuka kedai kopi sendiri," lanjut Monica.

Sementara itu, Trisna Agustin Septiana, Pegiat Kopi Kuningan menuturkan bahwa acara tersebut sangat bermanfaat. Selain menambah wawasan bagi peserta, sekaligus sebagai salahsatu upaya untuk mengangkat kopi Kuningan baik di pasar lokal, nasional bahkan internasional.

"Acara seperti ini harus lebih sering diselenggarakan, selain bisa memberikan edukasi kepada masyarakat Kuningan, sekaligus untuk membantu para pelaku UMKM Kopi dalam mengembangkan usahanya. Terimakasih untuk panitia, juga seluruh tim Comdev Prasmul," ungkapnya.

Acara tersebut dimulai dengan talkshow yang mengangkat tema Go Digital, Mengembangkan produk lokal dengan tiga orang pembicara yakni, Taufik Hermawan, Harindra Damarsatya, dan Nathaniel. Kemudian sesi kedua dilanjutkan dengan workshop late art dengan Beginner Brew's Buddy, dan juga kegiatan sosial yakni pembagian sembako untuk warga sekitar. (AR27/Red)

Tidak ada komentar