Berita Terbaru

Puncak HKN ke-58 Dimeriahkan Senam Massal dan Jalan Sehat


Berita Kuningan -
Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke -58 tingkat Kabupaten Kuningan dimeriahkan dengan Senam Massal dan Jalan Sehat yang diikuti  ratusan tenaga kesehatan (nakes) Kabupaten Kuningan, berlokasi di depan Masjid Syiarul Islam, Jl. Raya Siliwangi Kuningan, Ahad (20/11/2022).

Hadir dalam acara tersebut,  Bupati Kuningan Acep Purnama, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Susi Lusiyanti, Koordinator Pantura BIN wilayah Jawa Barat Ahmad Taopik, dan Kapolsek Kuningan Kompol Sunarko, Ketua IDI Kab. Kuningan, Ketua IBI Kab. Kuningan, Ketua PPNI Kab. Kuningan, para pimpinan rumah sakit swasta, serta sejumlah pimpinan organisasi kesehatan lainnya. 

Selain senam massal, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan memberikan paket sembako kepada warga Kelurahan Kuningan. Paket sembako diberikan secara simbolis oleh Ketua DPRD Kuningan yang didampingi Kadis Dinkes dan pejabat lainnya.

"Terakhir kemarin pembagian 2.000 paket sembako kepada masyarakat yang sudah kita bagikan di 4 kecamatan, yaitu Cibingbin, Cimahi, Cidahu dan Kuningan bersama Pak Bupati," ujar Susi kepada awak media. 

Susi sagat mengapresiasi hadirnya ratusan peserta Senam Massal. Mereka tampak antusias mengikuti jalannya rangkaian acara. "Teman teman nakes mungkin ingin memperingati Hari Kesehatan Nasional secara lebih baik, secara lebih mendalam, sehingga mereka hadir disini. Alhamdulillah ya, dan kita jalan santai dari mulai depan Masjid Syiarul sampai ke Kantor Dinas Kesehatan," ucapnya. 

Susi berharap pelayanan kesehatan kedepannya akan lebih baik. Momentum hari kesehatan ini akan membuat momentum reformasi kesehatan utamanya di Kabupaten Kuningan, umumnya di Indonesia dan ke depan insaninsan insan kesehatan, tenaga tenaga kesehatan akan lebih sejahtera lagi dan akan lebih baik lagi. 

Selain itu, Dinas Kesehatan juga mengadakan hiburan dan membagikan doorprize kepada mereka yang telah melaksanakan beberapa kegiatan olahraga. "Kita disini memberikan kebahagiaan kepada insan kesehatan yang selama kurang lebih 3 tahun berkutat dengan Covid, dan vaksin. Mereka berhak juga diberikan kebahagiaan oleh kami," ungkap Susi. 

Sementara, Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan, dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pasca pandemi Covid-19.

“HKN ke-58 tahun 2022 yang mengangkat tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’, tema ini dipilih agar dapat memupuk semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pasca pandemi Covid-19, sehingga dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Kabupaten Kuningan kembali bangkit dan kembali sehat,” ujar Acep. 

Dijelaskannya, pasca Covid-19 ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan khususnya.

“Dinas kesehatan saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang,” jelasnya.

Ia pun mengajak sebagai insan kesehatan untuk terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, memeriksakan kesehatannya secara rutin, mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi, serta memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. (Jopray/Red)

Tidak ada komentar