Berita Terbaru

Bojong Targetkan Desa UMKM dan Surga Belanja Bagi Wisatawan



Berita Kuningan - Demi mewujudkan cita-cita sebagai Desa UMKM dengan Wisata UMKM dan surga belanja bagi para wisatawan, Pemerintah Desa (Pemdes) Bojong kumpulkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM) untuk mendapatkan pembinaan, Selasa (18/1/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Bojong Adnan, Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkah Mandiri Aman, dan Inisiator Wisata UMKM sekaligus Pelaku UMKM Amaar Thohir, dan para undangan yakni pelaku UMKM Desa Bojong.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat kantor balai desa Bojong, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan ini sebagai salahsatu langkah untuk menjadikan Desa Bojong sebagai Desa UMKM dan sentra oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan.

"UMKM terbukti memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesian, dan memiliki peran penting dalam pembangunan nasional yaitu penyerapan tenaga kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan," ungkap Adnan, Kepala Desa Bojong.

Selain pendampingan dan pelatihan bagi para pelaku UMKM, pemerintah desa juga akan menganggarkan untuk memberikan bantuan permodalan berupa peralatan yang dibutuhkan untuk produksi.

"Mewujudkan Desa Bojong sebagai Desa UMKM ini juga merupakan dukungan terhadap program Bupati Kuningan yakni pinunjul berbasis desa," ungkap Kepala Desa yang telah menjabat 2 periode ini.

Selain Wisata UMKM yang sedang berjalan dan dalam pengembangan, sebagai Desa UMKM, Desa Bojong juga akan menjadi sentra oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan, salahsatunya dengan membangun pasar oleh-oleh khas Kuningan.

Tak hanya produk UMKM Desa Bojong, juga akan menampung produk-produk UMKM dari pelaku UMKM luar Besa Bojong yang tersebar di seluruh Kabupaten Kuningan, sehingga dapat menjadi surga belanja produk UMKM bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

Di pasar tersebut, kata Adnan, nantinya akan tersedia berbagai jenis oleh-oleh khas Kuningan mulai dari makanan tradisional, minuman, kerajinan tangan, kaos dan lainnya. Para Wisatawan yang datang ke objek wisata untuk menikmati alam dimana pun lokasinya, berbelanja di Pasar UMKM Bojong.

Bila Wisata UMKM, wisatawan tak hanya berbelanja namun juga mendapat edukasi proses pembuatan dan icip-icip makanan, di Pasar UMKM Bojong akan dijadikan surga belanja bagi wisatawan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan yang juga dikelola BUMDes.

"Selain wisata UMKM yang terus kami kembangkan, InsyaAllah, jika Allah menghendaki, kami akan membangun pasar UMKM yang semoga akan menjadi surga belanja bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kuningan yang akan dikelola BUMDes," terangnya.

Pemerintah Desa Bojong akan terus mendukung pelaku UMKM secara komprehensif dan sistematis, tak hanya berbagai pelatihan dan pendampingan  termasuk pengurusan legalitas, namun juga akan berupaya memperhatikan produk, tempat, promosi, dan harga. (Aris Boby/Red)

Tidak ada komentar