Berita Terbaru

Bantu ODGJ, Pemuda Pancasila Ranting Cirendang dan Kibar 19 Galang Dana




Berita Kuningan - Peduli sesama, Pemuda Pancasila (PP) Ranting Cirendang dan Kibar 19 menggalang dana untuk membantu pengobatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), salah seorang warga Cirendang berinisial WB, Jum'at (10/9/2021).

Menurut Koshi Raymandhika, Ketua Ranting PP Cirendang, WB sudah menderita gangguan jiwa sejak 5 bulan silam. Meski tak berprilaku kekerasan, namun WB mulai sedikit meresahkan karena sering masuk ke rumah warga dan warung.

Selain itu, kata Koshi, WB mulai sering berjalan jauh dan dikhawatirkan hilang. Keluarganya sangat ingin segera mengobati WB, namun karena merupakan keluarga tidak mampu akhirnya hanya bisa pasrah.

"Kami selaku pemuda ingin selalu berguna bagi masyarakat. Kami berinisiatif dengan segala keterbatasan untuk membantu, apalagi  ini berasal dari keluarga sangat tidak mampu Yang seharusnya menjadi prioritas bagi pemerintah," ungkap Koshi pada Berita Kuningan.

Koshi menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat dan membantu baik dari pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, juga khusunya kepada masyarakat Kelurahan Cirendang yang telah ikut mendukung  membatu dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk kesembuhan WB.

"Setelah sebelumnya melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Kuningan dan Puskesmas setempat, rencananya besok pagi WB akan diantar ke salahsatu rumah sakit di Cirebon untuk rawat inap," terangnya.

Koshi berharap agar pemerintah lebih peduli terhadap setiap ODGJ dimanapun berada, terlebih pemerintah setempat baik desa maupun kelurahan, sebagai yang terdekat, jika ada warganya yang membutuhkan bantuan agar segera merespon untuk membantu, terutama dari keluarga tidak mampu.

"ODGJ juga manusia, untuk itu kita sesama manusia harus saling membantu, jangan sampai termarjinalkan apalagi terlantar. Semoga pemerintah, terutama pemerintah setempat dapat segera merespon jika ada warga di wilayahnya yang membutuhkan bantuan termasuk ODGJ," ujarnya.

Selain itu, dengan banyaknya ODGJ di Kabupaten Kuningan yang mencapai ribuan orang, Koshi juga berharap agar segera dibangun Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Kabupaten Kuningan untuk ODGJ dapat pelayanan rawat inap tanpa harus keluar kota. ((AR27/Red)

Tidak ada komentar