Cegah Banjir, Koramil 1506/Cibingbin Bersihkan Sampah di Sungai Cijangkelok




Berita Kuningan - Jelang musim hujan, Koramil 1506/Cibingbin bersama warga melakukan giat Karya Bakti bersihkan sampah dibawah jembatan sungai Cijangkelok, Desa Sukaharja, Kec. Cibingbin, Selasa (6/10/2020).

Menurut Babinsa Desa Sukaharja, Sertu Didi Priyadi, dirinya merasa sangat prihatin dengan banyaknya tumpukan sampah dibawah jembatan penghubung Desa Sukaharja dengan Desa Sindang Jawa.

Selain itu, kata Sertu Didi, banyaknya sampah dapat memicu potensi banjir. Menurutnya, sebagaimana diketahui bersama, berkali-kali Kecamatan Cibingbin mengalami banjir hebat yang diakibatkan luapan air sungai Cijangkelok.

"Tahun-tahun kemarin, luapan air sungai Cijangkelok menyebabkan banjir yang sangat besar, salahsatunya bisa jadi disebabkan oleh sampah," lanjutnya.

Ia menyayangkan kurangnya kesadaran warga sekitar dalam menjaga kebersihan, Meski belum tersedia Tempat Pembuangan Sampah (TPS), dirinya berharap agar warga tidak membuang sampah ke sungai.

"Saat ini sudah mulai turun hujan, sepertinya akan memasuki musim hujan. Kami khawatir, jika terus dibiarkan, sampah-sampah ini bisa menjadi salahsatu penyebab banjir, nanti akan banyak kerugian yang didapat," lanjutnya.

Untuk itu, Sertu Didi menghimbau kepada masyarakat setempat, agar belajar peduli terhadap lingkungan, selain bersih dan indah, akan terbebas dari penyakit dan resiko banjir.

Sementara itu, Romli, warga Desa Sukaharja merasa senang dengan gerakan yang dilakukan oleh anggota Koramil 1506/Cibingbin, menurutnya, harus melibatkan semua pihak termasuk TNI, untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

"Saya sangat merasa berterimakasih atas segala bantuan yang telah diberikan. Semoga apa yang dilakukan oleh bapak-bapak TNI ini dapat menjadi contoh pihak-pihak lain, sehingga tergerak untuk peduli lingkungan'" ujarnya.

Dirinya berharap, agar pemerintah segera membuatkan TPS, agar warga memiliki tempat untuk membuang sampah sehingga tidak harus membuang sampah ke sungai yang bisa menyebabkan banjir. (AB05/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers