Berita Terbaru

Pangdam III Siliwangi : KJA Waduk Darma harus ditertibkan




Berita Kuningan -
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, kembali mengunjungi Kabupaten Kuningan, Sabtu (27/9/2020).

Kedatangannya kali ini adalah untuk memberikan bantuan 500 paket sembako saat pandemi Covid-19, touring menggunakan motor trail, di Kabupaten Kuningan.

"Saya datang dua kali dalam seminggu ini, kemarin touring dengan Forkopinda provinsi, yang motornya juga campur - campur, semuanya ikut bersama istrinya," ujar Pangdam III Siliwangi.

Sedangkan untuk jalur trabasnya sendiri yaitu Desa Haurkuning jalur hutan, Jalur Wisata Kuningan,  Chek point 1 hutan pinus pengepokan kayu pinus DS. Cageur, Cek point 2 OW. Waduk Darma, Cek point 3 OW. Pasir batang  Ds karangsari, Cek point 4 OW. Lempong Balong Palutungan, selesai di Villa H. Andrian.

Mayjen Nugroho pun mengagumi kekayaan alam Kabupaten Kuningan, selain pemandangan alam, jalur trackingnya yang memicu adrenalin, juga sumber air yang melimpah.

"Satu lagi dari Pak Bupati, untuk sumber air di Kuningan itu luar biasa, kebetulan kami menjadi satgas penangan Citarum untuk periode 2018-2025, yang bertugas mengembalikan citarum supaya harum seperti dulu," ujarnya.

Ia pun menyebutkan kini progress penanganannya sudah 30 persen, dengan target di tahun 2025 bisa kembali ke fungsinya.  

"mudah-mudah tahun 2025 nanti sungai yang memiliki panjang 2085 km, untuk tim satgasnya dibagi menjadi 22 sektor, di setiap komandan sektornya, dipimpin oleh kolonel, yang diambil dari mana - mana," tuturnya.

Mayjen Nugroho pun menyoroti Waduk Darma yang dipenuhi oleh Keramba Jaring Apung, menurutnya KJA di Waduk Darma harus segera ditertibkan untuk dikembalikan kepada funsingnya. 

"Karena permasalahannya persis sama seperti di Waduk Ciluhur juga permasalahannya KJA, mudah - mudahan KJA ini bisa ditertibkan di Kuningan, agar tidak menguntungkan sekelompok orang saja," begitu tandasnya.

Menurutnya Kuningan memang Indah, namun kelestarian lingkungannya harus dijaga, bahkan kecintaan Pangdam Siliwangi III terhadap Kuningan diekspresikan dengan pantun penutup. "Ikan Hiu pandai berenang, I love u masayarakat Kuningan," tutupnya.

Sementara itu Bupati Kuningan, H Acep Purnama mengatakannya kewenangan penertiban KJA adalah kewenangan provinsi. "Mudah-mudahan dengan kedatangan permasalahan KJA bisa segera diatasi,"jawabnya.

Pihaknya pun mengungkapkan KJA akan segera ditertibkan nanti pada tahun 2021, sejalan dengan pembangunan revitalisasi waduk darma yang akan dilanjutkan kembali pada tahun 2021. "Mudah-mudahan nanti tahun depan KJA bisa segera diatasi ,"ungkapnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A melaksanakan kunjungan ke wilayah Kodim 0615 /Kuningan dalam rangka Trabas dan Baksos di Obyek Wisata Waduk Darma.

Selain melakukan baksos Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto sempat melakukan tembak perdana di lapangan tembak pistol Arya Kamuning yang baru selesai dibangun oleh Dandim 0615 /Kuningan Letkol Czi Karter Joyi Lumi.

Di akhir kegiatan di Vila H Adrian Pangdam III /Siliwangi dan Rombongan Trabas melanjutkan kegiatan penanaman pohon Damar oleh Pangdam III /Siliwangi. (SK12/Red)

Tidak ada komentar