Berita Terbaru

Masuk Predikat Kabupaten Sehat, Kuningan Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara



Berita Kuningan - Kabupaten Kuningan meraih penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI sebagai Kabupaten Sehat (Swasti Saba) tahun 2020, bersama 16 Kabupaten/Kota lainnya, se-Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Kuningan, Uu Ruzhanu Ulum, di Pusat Dakwah Islam (PUSDAI), Bandung, pada Selasa (29/9/2020).

Penghargaan tersebut berupa piagam, piala dan dana pembinaan sebesar Rp 25 juta untuk kategori Swasti Saba Wistara.

Kebanggaan terpancar saat Bupati Kuningan, Acep Purnama, menerima penghargaan tersebut, mewakili masyarakat Kabupaten Kuningan.

"Alhamdulilah hari ini saya menerima penghargaan Swasti Saba Wistara dimana Kuningan mendapat predikat sebagai Kabupaten Sehat. Tanda penghargaan Swastisaba Wistara untuk Kabupaten Kuningan ini mengartikan Kabupaten Kuningan sudah memberikan yang terbaik," terang Acep.

Acep pun mengajak seluruh warga Kabupaten Kuningan, untuk bisa mempertahankan penghargaan sebagai Kabupaten Sehat, dan berterimakasih kepada masyarakat Kuningan yang telah membantu menciptakan Kuningan sebagai Kabupaten Sehat.

"Mari kita tetap istiqomah dalam mempertahkan kuningan sebagai kabupaten yang sehat," ajak Acep.

Sedangkan penilaian prestasi Kabupaten Sehat dilihat dari kepedulian, dukungan, keberpihakan pemerintah daerah serta terjalinnya sinergitas seluruh warga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Provinsi Jawa Barat, menyerahkan penghargaan Swasti Saba kepada 17 kabupaten/kota penerima predikat Swasti Saba di antaranya Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran sebagai penerima Swasti Saba Padapa, Kabupaten Cianjur dan Ciamis sebagai penerima Swasti Saba Wiwerda.

Kemududian, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cirebon, dan Kota Banjar sebagai penerima Swasti Saba Wistara.

Upaya seluruh elemen masyarakat untuk membangun Kuningan sebagai kota sehat menghasilkan Predikat Swasti Saba Wistara. Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat menurut Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negri.

Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat. 

Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan dari yang terendah, yaitu Padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara. (SK12/Red)

Tidak ada komentar