Berita Terbaru

19 Karyawan Terpapar Korona, RSUD 45 Tutup Sementara



Berita Kuningan -
Setelah 19 Karyawan dinyataka positif Covid-19, RSUD 45 Kuningan akan menutup prlayanan rawat jalan, sejak Rabu (26/8/2020) hingga Minggu (30/8/2020). Hal itu dilakukan dalam upaya dekontaminasi dan sterilisasi seluruh wilayah RSUD.

Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) 45 Kuningan kembali melakukan langkah untuk menutup penerimaan pasien baru dan pelayanan tertentu paska diketahuinya hasil swab massal kedua yang dilakukan terhadap ratusan pegawainya.

Saat dikonfirmasi, Direktur RSUD 45, dr Deki Saifullah, membenarkan rencana penutupan pelayanan rawat jalan RS milik Pemkab Kuningan itu.

"Iya, kita akan lakukan penutupan pelayanan mulai Rabu besok selama lima hari hingga Ahad. Nanti kita akan buka kembali pada hari Senin (31/08), " ujar Deki saat dikonfirmasi, Selasa (25/08/2020).

Seluruh layanan rawat jalan di RSUD tidak akan dilakukan mulai Rabu, kecuali pasien Hemodialisa (cuci darah) dan Talasemia (transfusi darah). Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap melakukan pelayanan untuk kasus yang mengancam jiwa, jika tidak akan diarahkan ke Rumah Sakit lain yang terdekat.

"Kedua layanan itu (Hemodialisa dan Talasemia) kan harus rutin tidak boleh disetop, kalau disetop berbahaya (bagi pasien)," ujar Deki.

Pihaknya juga juga meniadakan/melarang jam besuk, dan untuk pasien yang masih dirawat inap hanya boleh ditunggui oleh satu orang pendamping dengan syarat dan ketentuan.

Menurut Deki, dengan penutupan layanan sementara itu, sebagian pegawai RSUD 45 akan dirumahkan, terutama mereka yang terkonfirmasi positif dari hasil swab massal kedua. 

"Meski masa inkubasi mereka sudah lewat, karena sudah lebih dari 14 hari sejak pelaksanaan swab untuk 19 orang tersebut, selain dirumahkan, juga akan melakukan karantina mandiri," lanjutnya.

Latar belakang swab massal kedua yang dilakukan pihak RSUD 45 adalah karena pada awal bulan lalu ada 19 pegawai yang terdiri dari nakes dan petugas kebersihan terkonfirmasi positif. Untuk hasil swab massal ulang sebanyak 400-an pegawai itu, ternyata didapatkan hasil yang sama, yakni 19 orang terkonfirmasi.

"Kenapa kita lakukan penutupan sekarang, karena fatalnya ada sebagian dari karyawan gizi kita (bagian konsumsi) yang terpapar. Meski selama ini tidak ada masalah, kita tetap harus jaga-jaga, " imbuhnya.

Ia menandaskan, selama lima hari ke depan RSUD 45 tidak melakukan penambahan pasien, namun bagian rawat inap akan tetap melakukan pelayanan, karena mustahil untuk memulangkan pasien yang belum sembuh. (AD27/Red)

Tidak ada komentar