Reses Unik, Susanto Serap Aspirasi Masyarakat di Tengah Sawah


Berita Kuningan - Anggota DPRD Kuningan, Fraksi PKB, Susanto gelar reses ke-2 ,bersama para petani Desa Kertawirama, Kecamatan Darma, pada Sabtu (4/7/2020).

Ada satu yang unik saat reses, Susanto menemui warga Desa Kertawirama di ruang terbuka. Mendengarkan aspirasi mereka di tengah sawah dengan tetap menggunakan protokol Covid-19.

Aleg Dapil 5 ini memaparkan alasan dirinya menggelar reses dengan cara unik ini. "Karena saya ingin menjaring aspirasi langsung dengan melihat fakta yang ada di lapangan,dan terbukti dengan kita melihat langsung di lapangan, banyak keluhan yang langsun kita lihat," jelas Dewan nyentrik ini.

Reses tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa  , Kelompok Tani Kiara Mekar Jaya, dan warga Desa Kertawirama.

Salah satu anggota Kelompok Tani Kira Mekar Jaya, Suhyana, mengeluhkan saluran irigasi sawah yang tersendat akibat anjloknya tanah sawah sekitar 5 - 10.

"Kami harap Pak Dewan bisa mengawal keluhan Kami, karena ini sangat penting, di areal pesawahan Kami di Blok Cengkong, Desa Kertawirama,"tutur Suhyana sambil menunjukan pinggiran sawah yang menutupi saluran irigasi.

Selain saluran irigasi sawah yang amblas, Suhyana pun mengeluhkan Benih Padi yang diduga telah kadarluasa.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Kertawirama,Dani Iswanto bahwa Benih Padi yang digunakan oleh warga saat tidak bisa ditanam pada musim tanam kali ini.

"Iya Benih Padi yang diberikan dari Dinas Pertanian, sudah kadarluasa, yang habis pada 11 Juni 2020, ya akibatnya para petani banyak yang harus membeli Benih lagi," terang Kuwu Kertawirama.

Dani pun menambahkan, benih padi tersebut juga tidak tumbuh meski belum kadarluasa. "Itu berarti Kualitas Benihnya kurang bagus. Kami berharap Pak Dewan bisa membantu Kami, agar para Petani tidak merugi, apalagi saat pandemi covid-19 seperti ini," harapnya.

Anggota DPRD Komisi II ini, berjanji akan membantu dan menyampaikan aspirasi warga Desa Kertawirama dengan berkoordinasi dengan Dinas terkait. "Keluhan dan aspirasi warga ini, akan saya tindaklanjut nanti pada hari Senin, dengan membawa sampel benih padi ini, dan beberapa temuan lainnya di lapangan," tutup Susanto. (AD28//EH16Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers