Ketua IPSI Kuningan Hadiri Acara Milangkala ke-2 Surangga Panglipur Ranting Wanajaya



Berita Kuningan-Dalam Rangka Milangkala (Hari Jadi) Perguruan Pencak Silat Surangga Panglipur Ranting Wanajaya Panglipur yang ke 2, di kampung Ciloa Desa Kertawirama kecamatan cidahu, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua IPSI Kabupaten Kuningan, Dr Ukas Suharfaputra, Ahad (26/07/2020).

Selain pemotongan tumpeng, acara diisi dengan pagelaran pertunjukan seni silat mulai dari anak-anak, dewasa hingga ibu-ibu antusias berpartisipasi memeriahkan acara tersebut.

Ukas sangat mengapresiasi Paguron Pencak Silat Panglipur yang konsen dalam mempertahankan seni dan budaya pencak silat yang merupakan warisan budaya bangsa.

"Saya sangat mengapresiasi dengan adanya pencak silat panglipur sebagai bagian dari budaya pencak silat yang ada di kabupaten kuningan. Semoga dengan adanya paguron pencak silat panglipur kuningan bisa lebik baik dan maju di bidang kesenian dan budaya," ungkapnya.

Sementara itu, Ujang Haerudin, salah satu guru besar dari Surangga Panglipur, menuturkan bahwa dirinya beserta seluruh keluarga besar paguron pencak silat Surangga Panglipur akan terus berusaha untuk mempertahankan silat sebagai warisan leluhur.

"Karena pencak silat panglipur adalah warisan dari leluhur yang harus kita kembangkan sebagai warisan budaya anak cucu kita nani," ujar Ujang.

Surangga Panglipur adalah merupakan perguruan silat  yang berdiri Sejak tahun 1941 hingga 2014 oleh Jaenal Abidin. Surangga Panglipur hingga saat ini masih konsen di bidang seni silat. (IW27/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers