Berita Terbaru

KAMMI Kuningan Gelar Sholat Istisqo dan Galang Dana untuk Korban Kabut Asap


Berita Kuningan - Sekumpulan Mahasiswa yang tergabung dalam KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) daerah Kuningan yang terdiri dari komisariat (komsat) Al-Quds, Al-Fatih, dan Hawaariyyun bersama LDK (Lembaga Dakwah Kampus) Al-Kahfi Uniku (Universitas Kuningan) kembali mengadakan Aksi Galang Dana (Galda ) untuk saudara di Kalimantan dan Sumatera yang sedang menghadapi kabut asap, Ahad (22/9/2019).

Aksi yang dilaksanakan saat Car Free Day ini merupakan aksi lanjutan yang dilaksanakan dua hari sebelumnya di Bundaran Cijoho. Aksi dimulai dengan pembukaan dan _briefing_ di depan kantor Bupati Kabupaten Kuningan, kemudian dilanjut dengan _shalat istisqo_ dan do'a bersama, yang bertujuan agar Allah dapat menurunkan rahmatnya berupa hujan, sehingga dapat mengurangi kabut asap yang berada di Kalimantan dan Sumatera khususnya, umumnya agar curah hujan terjadi di beberapa daerah yang sudah mulai kekeringan termasuk di Kuningan.

Setelah _shalat istisqo_ dilaksanakan, Ade Zezen, ketua KAMMI Kuningan selaku Imam dan Khotib dalam pelaksanaan shalat tersebut memaparkan dalam khutbahnya, "Hal ini (Kabut Asap) merupakan bagian dari tanda kekuasaan Tuhan, meskipun kebakaran hutan itu juga terjadi disebabkan oleh ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab," paparnya dalam khutbah sambil mengutip salah satu ayat Al-Qur'an, Surat Ar-Ruum ayat 41. 

Di akhir khotbahnya, khotib mengajak jama'ah untuk memperbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah, "bisa jadi bencana ini merupakan azab atau teguran untuk kita yang sudah terlalu banyak salah dan dosa," paparnya.

Acara ditutup dengan do'a. Semua kepala tertunduk, menghayati setiap lantunan doa yang terucap. Semua khusyuk berdoa memohon agar ujian yang dihadapi saudara yang sedang mengalami musibah di sana bisa segera berakhir.

Setelah selesai shalat dan do'a, anggota aksi yang berjumlah lebih dari 50 orang itu langsung menyebar dengan membawa dus-dus menyambangi warga Kuningan yang sedang melaksanakan CFD di sepanjang jalan Siliwangi, rombongan berjalan menuju Masjid Agung Syiarul Islam.

Jumlah dana yang terkumpul selama dua kali aksi  mencapai angka 6 juta rupiah. Tepatnya Rp. 6.395.000.

"Ini bukan aksi Galdan terakhir, in syaa Allah besok pagi (senin) akan Galdan kembali di Bundaran Cijoho" begitu papar M. Ramadhan selaku koorlap saat diwawancarai. (Melinda/EH16/Red)

Tidak ada komentar