Berita Terbaru

Tour de Rutilahu Bangkitkan Semangat Gotong Royong



Berita Kuningan - Program perdana Tour de Rutilahu mulai dilaksanakan pagi tadi, Sabtu (31/08/2019). Rumah milik Rumiah, warga di Desa Kasturi sudah mulai dibongkar untuk direhab.

Secara swadaya, warga Desa Kasturi bergotong-royong membongkar bagian atap. Karena hampir seluruhnya sudah rapuh, perbaikan akhirnya diputuskan untuk seluruh bagian rumah. Meleset dari rencana awal yang hanya akan memperbaiki atap bagian belakang yang sudah roboh.

"Awalnya kita hanya akan membantu memperbaiki bagian belakang rumah yang kebetulan sudah roboh, tapi setelah dibongkar ternyata hampir seluruh kayu bagian atap keropos, jadi setelah musyawarah dengan warga maka diputuskan untuk direhab seluruhnya," ungkap Nabil Nahdi, Ketua Panitia.

Namun Nabil beserta tim dari Komunitas Maharddikeka optimis projek tersebut dapat selesai sesuai rencana dengan izin Allah. Kekompakan warga lingkungan sekitar menjadi modal utama program tersebut.

"Konsep utama dari program Tour de Rutilahu adalah menjadikan swadaya masyarakat sebagai motor penggerak. Disini tim kami hanya mendukung dengan cara mengupayakan bahan bangunan yang dibutuhkan dari para dermawan yang peduli," lanjut Nabil.

Selain untuk membantu masyarakat miskin agar tinggal di rumah yang layak huni, Tour de Rutilahu juga sekaligus untuk menumbuhkan kembali jiwa gotong-royong di tengah masyarakat yang semakin terkikis oleh zaman.

"Gotong royong adalah warisan budaya leluhur bangsa Indonesia yang harus kita pertahankan. Dengan  program ini diharapkan akan terus memupuk semangat gotong royong di tengah masyarakat modern," ujarnya.

Tak hanya Desa Kasturi, ke depan Tour de Rutilahu akan berkeliling ke desa-desa lain yang ada di Kabupaten Kuningan. Ketika ada desa yang masyarakatnya telah siap untuk swadaya membantu warga sekitar yang tinggal di rumah tidak layak huni, maka akan menjadi target program Tour de Rutilahu selanjutnya.

"Sesuai namanya, kita insyaallah akan keliling ke desa-desa lain, untuk jangka waktu saat ini masih kondisional. Semoga langkah kecil ini bisa sedikit membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan," pungkasnya. (AR27/EH16/Red)

Tidak ada komentar