Setiap Tahun, Kurban di Desa Cikaso Dikelola Pemdes

Berita Kuningan - Sudah menjadi tradisi setiap tahun, dalam melaksanakan ibadah qurban, warga Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan menyerahkan sapi maupun kambing kepada pemerintah desa untuk dikurbankan.

Pihak desa membentuk panitia khusus mulai tingkat RT hingga aparatur desa lainnya untuk mengurus kurban mulai penyembelihan, memisahkan daging dan tulang, hingga membagikan kepada warga yang berhak yang telah didata sebelumnya.

Rata-rata jumlah hewan yang dikurbankan di Desa Cikaso mencapai sekitar 10 hingga 19 ekor setiap tahunnya. Untuk jenisnya, lebih banyak didominasi sapi dibanding kambing. Setiap malam takbiran, hewan-hewan kurban dikumpulkan di Alun-alun Desa Cikaso untuk disembelih seusai sholat ied dan langsung dibagikan.

"Setiap tahun penerima daging kurban antara 1.600 hingga 1.700 KK. Penerima termasuk panitia. Berat daging sekitar 6,5-7 ons ditambah tulang daging. Untuk kemasan kami masih menggunakan plastik, belum terinspirasi menggunakan besek." kata Akoh Abdul Kohar, Ketua Panitia.

Selain itu, Akoh juga mengucapkan terimakasih kepada aparatur desa yang telah membantu mengelola dan menyalurkan daging kurban dengan baik dan transparan, salahsatunya anggaran operasional. (AB05/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers