Malam Lebaran, Sebuah Rumah di Desa Jambar Kebakaran


Berita Kuningan - Akibat konsleting listrik, sebuah rumah di Dusun Kliwon RT/RW 15/05, Desa Hambar, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan kebakaran jelang lebaran Iedul Adha, Ahad (11/8/2019) sekitar pukul 00.10 WIB.

Api pertama kali dilihat oleh Dika (12), seorang anak kecil yang sedang takbiran. Dika yang melihat kobaran api yang cukup besar dari arah dapur langsung berteriak memanggil warga.

Warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api semakin membesar. Sekitar pukul 01.00 WIB, anggota Polsek Kadugede melaporkan kejadian tersebut ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan melalui sambungan telepon.

Sekitar 20 menit kemudian, enam orang anggota regu menggunakan 1 unit kendaraan dinas Damkar tiba di lokasi. Namun karena lokasi yang sempit, mobil Damkar  tidak dapat mencapai lokasi. Jarak TKP dengan jalan utama sekitar 500 M.

Pemadam terpaksa dilakukan hanya dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) milik Damkar. Dibantu warga sekitar dan anggota Polsek Kadugede, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.40 WIB.

PLT Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, S.Pd., M.Si., menghimbau kepada masyarakat sekitar agar lebih berhati-hati terhadap potensi bahaya kebakaran, terutama pemeriksaan terhadap instalasi listrik rumah.Dirinya juga menghimbau kepada aparat desa untuk mensosialisasikan pencegahan kebakaran kepada masyarakat.

"Aparat pemerintahan Desa atau Kelurahan harus terus mensosialisasikan tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran. Selain itu juga menyediakan APAR, Tandon Air, Hiydran dan sebagainya, untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran," ungkap Khadafi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun rumah hangus terbakar berikut isinya. Kerugian materil diperkirakan mencapai total Rp 115 juta. (AR27/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers