Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan Bagikan Kartu Tani


Berita Kuningan - Guna mengefektifkan penyaluran pupuk bersubsidi dan agar tepat sasaran, Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan memberikan kartu tani, kartu untuk subsidi pupuk kepada sedikitnya 500 orang petani dari beberapa desa di Kecamatan Cibingbin diantaranya Desa Ciangir, Sukaharja, Sindangjawa, Cipondok dan Desa Cibingbin.

Pemberian kartu yang dapat digunakan untuk pembelian pupuk melaui kios pengecer resmi itu bertempat di Gedung serbaguna Desa Sukaharja. Diberikan langsung Dinas Pertanian  melalui UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Cibingin, Senin (17/6/2019)

Menurut Kadis Pertanian, Ir. Dodi Nurochmatudin yang diwakili oleh Penyuluh Urusan Program Pertanian UPTD Pertanian Kecamatan Cibingbin, Yoyo Suryaka menuturkan bahwa kartu tani adalah salah satu bantuan dalam bentuk subsidi pupuk yang selama ini disinyalir tidak tepat sasaran.

Dengan menggunakan kartu tani,  penyaluran subsidi pupuk akan tepat sasaran yakni diberikan kepada para petani penggarap yang telah melalui proses identifikasi melaui infentarisasi di tingkat desa.

“Manfaat kartu tani adalah untuk petani menerima subsidi saat pembelian pupuk bersubsidi ke kios pengecer. Para petani harus membawa kartu tersebut karena di kartu tani tersebut sudah terisi data mengenai luas garapan sehingga sudah ada nilai subsidi dari pemerintah yang diterima petani," ujar Yoyo.

Para petani penerima kartu tani merasa sangat senang dengan adanya program tersebut, sebagaimana diungkapkan Riswanto (34) petani asal Desa Sukaharja ini berterimakasih kepada pemerintah yang membantu para petani mendapatkan pupuk dengan harga yang murah.

"Harga pupuk sekarang cukup mahal sehingga kami merasa berat, saya merasa bersyukur dengan adanya kartu petani ini. Kami para petani bisa mendapatkan pupuk dengan harga murah karena subsidi yang diberikan pemerintah. " pungkas Riswanto. (AB05/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers