Masuki Pertengahan Ramadhan, Wabup Sidak Pasar Kepuh dan Pasar Baru Kuningan


Berita Kuningan - Memasuki pertengahan bulan Ramadhan, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda yang didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangam Drs. Agus Sadeli, Plt Kepala Dinas Pertanian Ir. Dodi Nurochmatudin, Kabag Ekonomi Drs. Toto Toharudin M.Pd., Tim Satgas Pangan, Perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan DKPP melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Kepuh dan Pasar Baru Kuningan, Selasa (14/05/2019).

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meninjau kebutuhan pokok dengan memastikan ketersediaan juga pasokan barang guna menghindari lonjakan harga yang terlalu tinggi. Selain itu sekaligus untuk  mengantisipasi kecurangan yang dilakukan oleh pedagang seperti penimbunan barang untuk memanfaatkan momen menjelang lebaran Idul Fitri 1440 H.

"Upaya yang kita lakukan adalah memastikan tidak adanya penimbunan barang. Kita juga kerjasama dengan pihak Kepolisian dan instansi terkait, jadi insyaallah para pedagang ini enggak akan mungkin macam-macam," ungkap Ridho.

Namun Ridho pun mengungkapkan bahwa banyak faktor lain yang menjadi penyebab kenaikan harga, diantaranya adalah meningkatnya permintaan pasar sementara ketersediaan barang terbatas, terlebih menjelang momen lebaran Idul Fitri.

"Kalau kenaikan harga sih wajar-wajar saja selama masih dalam tahap kewajaran. Jadi kenaikan harga tidak semata-mata karena ada penimbunan atau kecurangan, tapi bisa juga karena permintaan meningkat tapi stok barang terbatas," lanjutnya.

Diharapkan dengan adanya Sidak, pemerintah daerah dapat segera mengambil langkah jika terjadi gejolak harga di pasaran sehingga masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhannya dengan harga wajar. (AR27/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers