RSU El Syifa dan Fresenius Medical Care Gelar Seminar Hemodialisa untuk Dokter dan Perawat


Kuningan, (BK) - Kerjasama Rumah Sakit Umum (RSU) El Syifa dengan Fresenius Kidney Care kembali menggelar program rutin edukasi bagi pasien hemodialisa atau cuci darah.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Horison, Minggu (16/09/2017) tersebut mengusung tema ‘Under Standing  Chronic Kidney Disease and Hemodialysis symposium’, dengan tujuan memberikan edukasi serta meningkatkan pengetahuan kepada dokter dan perawat yang  bekerja di unit hemodialisa.

“Kita sempat melakukan survey, ternyata bukan hanya pasien yang perlu di edukasi, semua yang terlibat mulai dokter spesialis ginjal, dokter spesialis penyakit dalam dan dokter umum serta perawat dan semua yang berinteraksi dengan pasien, “ ungkap dr. Enny , General Manager Dialysis Services & Medical Affairs PT. Fresenius Medical Care.

Materi  yang diberikan adalah Diagnosa CKD dan Hemodyalisis yang disampaikan oleh dr. Elly Wijaya Nursyam, SpPD,MH.Kes, MM, FINASIM, dilanjutkan dengan materi HD Initiation: How and When?. Yakni, tentang bagaimana dan kapan harus mengambil tindakan cuci darah pada pasien gagal ginjal dan The Improvement of Hemodyalisis Adequacy For Patients Out come  yang disampaikan oleh dr. Afiatin, SpPD. KGH.

Setelah istrirahat dan makan siang, acara dilanjutkan dengan pemberian materi  Vasculare Access Management in Hemodyalisis oleh Tri Ningsih , S.kep. NERS, Better Quality of Life for CKD Pattients : Nutritions and Exercise on HD oleh Syarif Hidayat, S.kep. NERS dan Exercise on HD Implementation oleh Ade Kuswandi, S.Kep. NERS.

Selain dokter dan perawat, hadir pula perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kab. Kuningan  dan pasien hemodialisa sebagai tamu undangan. Diharapkan dengan hadirnya pasien dalam acara tersebut dapat menjadi motivasi dan memberikan motivasi bagi pasien lainnya

Untuk rencana kedepan, RSU El Syifa dan Fresenius Medical Care akan kembali menyelenggarakan program yang sama namun dengan skala yang lebih besar untuk terus memberikan edukasi dan pelayanan terbaik bagi pasien cuci darah. (AR27/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers