Tak Hanya Membaca, di Kampung Literasi Anak-anak Dibekali Pelatihan Seni Budaya

March 11, 2018

Kuningan, (BK) - Selain membaca, di Kampung Literasi anak-anak diberi pelatihan seni dan budaya, salah satunya melalui program sarasehan seni budaya. Kegiatan sarasehan yang difokuskan pada pelatihan seni tari dan gamelan sunda tersebut merupakan rangkaian program Kampung Literasi Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh TBM Hipapelnis.

Acara yang di ikuti 50 peserta dari taman baca baik anak-anak maupun remaja tersebut menghadirkan Dini Sukmawati, pelatih seni tari Kuningan. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di saung Bale Pangwalung, Dusun Manis, Desa Kalimanggis Kulon, Ahad (11/03).

Sarasehan seni budaya ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan generasi muda untuk mencintai seni budaya Indonesia sebagaimana di ungkapakan H. Jaenal Mutakin S.Pd, yang merupakan Pendiri TBM Hipapelnis kepada wartawan portal online Berita Kuningan.

"Tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda untuk melestarikan seni budaya leluhur bangsa kita, salah satunya dengan melestarikan dasar seni tari dan belajar gamelan sunda," ungkap pria yang akrab disapa Kang Zeze ini.

Sedikit informasi, Kampung Literasi adalah kampung dimana warga dan masyarakatnya sangat antusias untuk terus belajar dengan 6 literasi dasar yang sangat dibutuhkan dalam hidup. Tidak hanya gemar membaca, masyarakat pun melakukan pembelajaran sepanjang hayat dalam berbagai bidang.

"Dengan adanya kampung literasi di TBM Hipapelnis Kuningan diharapkan bisa menjadi alternatif lain wisata edukasi bagi masyarakat dan menanamkan pendidikan karakter kepada generasi muda untuk memelihara seni dan budaya warisan leluhur," ujar Zeze. (AR27/Red)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »