Luar Biasa! Kepala Dusun Gendong Warga Disabilitas untuk Perekaman e-KTP


Kuningan, (BK) - Pemerintah Desa Babakan Reuma terus menggalakan kegiatan pembuatan e-KTP bagi warga penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di desa tersebut. Salah satunya adalah  Arif (32), pemuda asal Dusun Pahing Rt.04, Rw.03, Desa Babakan Reuma diantar untuk melakukan perekaman di Kantor Kecamatan Sindang Agung, Senin (19/02).

Didampingi oleh Tim Jaring Pengaman Umat (JPU), Arif diantar oleh Muhamad Sutisna (25),  Kepala Dusun Wage. Salah satu kejadian yang luar biasa adalah Muhammad Sutisna menggendong Arif mulai dari rumahnya menuju kendaraan hingga pulang setelah perekaman di Kantor Kecamatan.

Awalnya Arif merasa segan untuk digendong karena takut merepotkan. Meskipun memiliki keterbatasan sejak kecil, Arif sudah terbiasa mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain, namun kepala dusun tersebut tetap menggendong Arif karena sangat sulut bagi Arif untuk menuju lokasi mengingat kondisi Arif yang tidak mampu berjalan.

Arif yang sudah lama mengharapkan untuk dapat membuat KTP pun merasa sangat bahagia, "Sejak awal harus punya KTP saya sangat ingin membuat KTP tapi tidak bisa. Alhamdulillah sekarang akhirnya saya bisa membuat KTP," ungkap Arip dengan bahagia kepada wartawan Berita Kuningan.

Tugas mulia yang dilakukan oleh Muhammad Sutisna tidak lepas dari peran kepala desa yang menginginkan setiap warganya memiliki kartu identitas dan data kependudukan yang kedepannya dapat digunakan guna melengkapi persyaratan administrasi untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Baik para penyandang disabilitas maupun ODGJ adalah warga masyarakat yang berhak mendapatkan kesejahteraan baik Pangan, papan dan kesehatan sebagaimana yang diungkapkan Salim, Kepala Desa Babakan Reuma.

"Sudah menjadi program desa setiap tahun untuk memfasilitasi masyarakan yang memang memerlukan bantuan terutama mereka yang kesulitan untuk melakukan perekaman seperti warga penyandang disabilitas dan saat ini kita juga akan memfasilitasi untuk membantu ODGJ melakukan perekaman e-KTP," ungkap Salim.

Salim mengungkapkan bahwa tujuan utama dari program tersebut adalah untuk kelengkapan administrasi agar mereka dapat jaminan kesehatan sehingga kedepannya bisa mendapatkan perawatan atau pelayanan kesehatan dengan layak. (AR27/Red)

Post a Comment

0 Comments