Diterjang Bencana, Kabupaten Kuningan Butuh Sentra Informasi Penerimaan dan Penyaluran Bantuan

February 26, 2018

Kuningan, (BK) - Akhir-akhir ini berbagai bencana menimpa Kabupaten Kuningan baik di wilayah Kuningan Timur maupun Kuningan Barat. Banyak pihak-pihak yang hatinya tergerak untuk menyalurkan bantuan bagi para korban bencana, sebagaimana yang disampaikan Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dengan ujian seperti sekarang ini merupakan ujian yang sangat berat sekali bagi masyarakat Kabupaten Kuningan, bagi pemerintah dan semua masyarakat. Tetapi kalau saya melihat respon dari masyarakat, komunitas, tetangga daerah dan lain sebagainya banyak yang merespon positif terhadap kondisi sekarang ini," ungkap Dodi.

Sementara ini terlihat belum ada sentra informasi yang fokus untuk menangani penyaluran bantuan sehingga masih banyak pihak yang masih merasa kebingungan mencari informasi kemana dan kepada siapa harus menyampaikan bantuan. Banyak pihak yang merasa khawatir terjadinya penumpukan bantuan di salah satu titik yang terdampak bencana, sementara di tempat lainnya sangat membutuhkan bantuan namun belum tersentuh.

Dodi menuturkan bahwa dalam rapat koordinasi yang akan dilaksanakan pada hari Senin (26/02), dirinya akan menyampaikan saran untuk membuat Sentra Informasi Penanganan Bencana, Penerimaan dan Penyaluran Bantuan Kabupaten Kuningan di lokasi yang strategis sehingga para pihak peduli dapat dengan mudah mengalokasikan bantuan dengan tepat sasaran dan tepat guna.

"Diharapkan dengan adanya pusat informasi penyaluran bantuan pihak-pihak yang akan menyalurkan bantuan dapat tepat sasaran dan tepat guna," lanjutnya.

Untuk pemilihan lokasi sendiri diharapkan tempat yang strategis dengan sistem informasi dapat diakses secara online untuk mempermudah mendapatkan informasi penyaluran bantuan.

Untuk saat ini, terkait informasi tetang bencana bisa didapat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), namun untuk informasi penyaluran bantuan secara khusus dirinya menduga belum ada yang fokus secara khusus mendata bantuan yang tersalurkan untuk tingkat kabupaten.

"Kalau untuk info penyaluran bantuan yang straregis, tepat sasaran dan tepat guna sepertinya di BPBD belum ada, kalau pun ada berarti harus ada sosialisasi agar masyarakat dapat mengetahui," pungkasnya. (AR27/Red)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »