27 Rumah di Desa Gunungmanik Terancam Longsor, Seluruh Penghuni Dievakuasi

February 23, 2018

Kuningan, (BK) - Setelah diterjang hujan selama tiga hari berturut-turut, beberapa titik di Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan mengalami bencana longsor. Akibat kejadian tersebut akses jalan terputus dan 27 rumah terancam longsor sehingga penghuni dievakuasi karena dikhawatirkan akan terkena dampak longsor, Kamis malam (22/02).

Sekitar 10 titik akses jalan terdampak longsor, yang terparah adalah jalan desa yang menghubungkan Desa Gunungmanik dengan Desa Cijemit putus total sehingga tidak dapat dilalui. Para siswa yang sekolahnya melalui jalur tersebut terpaksa harus diliburkan. Selain itu, akibat robohnya beberapa tiang listrik menyebabkan pemadaman listrik.

Untuk pemukiman, dari 27 rumah yang terancam longsor mengalami keretakan hingga panjang sekitar 30 cm, untuk itu pemerintah Desa mengevakuasi para penghuni rumah tersebut ke tempat saudara mereka agar lebih aman. 27 rumah tersebut terdiri dari  4 blok yaitu, blok Cimahi 17 rumah, blok Jatirasa 4 rumah, blok Desa 1 rumah dan blok Ciraharja 5 rumah.

Kepala Desa Gunungmanik, Nuryadin, M.Pd menuturkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. "Alhamdulillah semua selamat,  hanya kerugian materi diantaranya sawah dengan padi yang sudah menguning tertimbun longsor dengan total luas sekitar 4 hektar," ungkapnya.

Untuk membuka akses jalan desa yang terputus, pemerintah desa dan masyarakat dibantu pihak-pihak terkait bergotongroyong membuka akses jalan  agar segera dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

"Karena anak sekolah harus berangkat sekolah dan juga keperluan lainnya maka jalan yang terkena longsor segera ditangani, roda dua sudah bisa lewat tapi belum bisa dilewati roda empat," pungkasnya. (Opik/AR27/Red)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »