Kiat Memilih Bahan Pangan Yang Sehat dan Aman


Kuningan, (BK) - Pangan yang sehat dan aman adalah yang bebas dari cemaran biologis, kimia, dan fisik sehingga bila dikonsumsi tidak akan menimbulkan bahaya.

Cemaran fisik dapat dideteksi dengan indera manusia, sedangkan cemaran kimia dapat dideteksi melalui uji laboratorium, namun ada beberapa yang dapat dideteksi dengan menggunakan indera pengelihatan dan prnciuman manusia.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan yang dipimpin oleh DR. Ukas Suharfaputra memberikan tips kepada masyarakat Kabupaten Kuningan dalam pemilihan bahan pangan yang sehat dan aman.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan pangan ada 3 faktor utama. Pertama adalah nilai agama, nilai gizi dan terakhir kualitas bahan pangan.

Memilih bahan pangan harus memperhatikan larangan dan anjuran agama. Bagi umat muslim yang merupakan mayoritas di Kabupaten Kuningan, halal merupakan syarat mutlak.

Pangan yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung zat tenaga (Karbohidrat), sumber zat pembangun (Protein), sumber zat pengatur (Vitamin dan mineral), untuk itu pangan yang dikonsumsi harus beragam, bergizi seimbang dan aman.

Selain itu faktor yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas bahan pangan. Pangan yang berkualitas dapat dilihat dari penampakannya, bentuk, warna, kesegaran, bau dan lain-lain. Pangan yang berkualitas terbebas dari kerusakan mikrobiologis (Jamur), fisik dan kimia. (AR27/Red)

Sumber: DKPP Kab. Kuningan

Post a Comment

0 Comments