Jelang Pilkada 2018, Koramil 1514/Mandirancan Latih Linmas Desa Randobawah Girang


Kuningan, (BK) - Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) akan dilibatkan dalam unsur pengamanan dalam semua tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018. Pengamanan dimulai dari kantor desa hingga ke TPS yang berada di tingkat RW.

Berkaitan dengan hal tersebut, Serma Nanan Hernanto, Babinsa Desa Randobawa girang berkoordinasi dengan Koramil 1514/Mandirancan, Kodim 0615/Kuningan dan Kepala Desa  Randobawagirang
untuk mengadakan pembinaan dan latihan fisik bagi anggota Linmas.

Serma Nanan Hernanto menggelar pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang merupakan materi dari wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Randobawagirang,  Kec. Mandirancan Kab. Kuningan, Selasa (16/1).  

"Selain untuk pengamanan Pilkada, kegiatan tersebut bertujuan mendidik dan melatih disiplin para Linmas tersebut sehingga anggota Linmas dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam Penanaman Disiplin Dan Semangat Bela Negara," ungkap Serma Nanan.

Dalam melatih dan membina para anggota Linmas tersebut, Babinsa pun dituntut agar Linmas memiliki kemapuan dalam menentukan keberhasilan Binter (Pembinaan Teritorial) sehingga dalam melaksanakan tugasnya Babinsa akan selalu berkoordinasi dengan aparat terkait dan komponen masyarkat di desa inaanya karena Babinsa merupakan unsur pelaksana Koramil yang bertugas dalam melaksanakan Binter.

"Babinssa juga di tuntut untuk dapat mengikuti perkembangan dalam kehidupan masyarakat serta mengambil tindakan pencegahan dan mengatasi setiap permasalahan yang muncul di Masayarakat Desa binaanya dalam rangka memelihara Stabilitas Desanya termasuk dalam proses Pilkada serentak 2018," lanjutnya.

Hasil dari pelatihan tersebut, anggota Linmas diharapkan  memiliki Sikap Jasmani yang Tegap Tangkas, Rasa Persatuan, Rasa Disiplin, dan Rasa Tanggung Jawab serta dapat dipercaya. Pelatihan tersebut juga bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh dan juga belajar untuk diam dan mengatur emosi.

Pembinaan dan pelatihan anggota Linmas ini diikuti kurang lebih 10 anggota Linmas dan dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Randobawagirang dari Polsek Mandiracan, Kades Desa Randobawagirang dan Aparat Desa serta perwakilan dari  Kec. Mandirancan Kab. Kuningan, (Cartaz/AR27/Red)

Post a Comment

0 Comments