DKPP Kuningan Gelar Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Kabupaten


Kuningan, (BK) - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan selenggarakan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Kabupaten Kuningan, yang di selenggarakan di Open Space Galeri Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung, Rabu (06/12).

Tema yang di ambil dalam kegiatan peringatan  HPS tingkat Kabupaten tersebut adalah "Bersama Generasi Muda mari kita kembali kepangan lokal (Pituin)".

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan Dr. Ukas Suharfaputra. SP.MP, Kepala SKPD Kabupaten Kuningan, Perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Jawabarat, serta dihadiri 300 peserta dari berbagai kelompok pengolahan ikan.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia PHS tingkat Kabupaten, H. Sanusi, SP., MP., menyampaikan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelaparan dan kekurangan gizi,  serta terinformasinya kebijakan dan kemajuan pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Kuningan.

"Meningkatkan kesadaran pentingnya mempertahankan kondisi ketahanan pangan di seluruh tingkatan mulai dari Desa, Kecamatan, dan Kabupaten untuk mewujudkan masyarakat Kuningan bebas dari kelaparan dan rawan pangan," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam kegiatan HPS tersebut harus ada keterpaduan dengan Pengolahan Sumber Daya Alam untuk mewujudkan ketahanan pangan yang kuat.

"Kita harus melestarikan alam, dan sumber air, karena di beberapa titik di Kuningan sebelah timur ada istilah ''Sawah tadah hujan'' atau tidak ada hujan tidak ada sawah, disisi lain di sebelah barat air sangat berlebihan, dan kita di anugerahi gunung Ciremai yang menjadi sumber air yang bisa mengaliri lahan-lahan pertanian yang ada di Kuningan dan luar Kabupaten Kuningan," katanya.

Dalam acara HPS tersebut diselenggarakan pula Deklarasi Swasembada ikan tahun 2022, dari para kelompok pembudidaya ikan, kelompok pengolahan, dan pemasaran ikan yang ada di Kabupaten Kuningan, pembagian hadiah bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berprestasi serta lomba menyanyi sebagai hiburan. (JN01/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers