Puskesmas Cidahu Gelar Imunisasi MR di SMPN 1 Cidahu


Puskesmas Cidahu menggelar kegiatan imunisasi Measles Rubella (MR) kepada ratusan siswa SMP Negeri 1 Cidahu.

Kegiatan tersebut dilakukan di SMP Negeri 1 Cidahu sejak pukul 08.00 - 11.00 WIB, Selasa (01/08).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Puskesmas Cidahu mengerahkan puluhan tenaga medis untuk mempercepat proses imunisasi. Wawan Setiawan, S.E. selaku Koordinator Imunisasi menuturkan bahwa tenaga medis yang dikerahkan dalam kegiatan tersebut sebanyak 25 orang yang terdiri dari 6 dokter, 4 perawat, dan 15 bidan.

Kegiatan dengan tema Kampanye Imunisasi MR tersebut bertujuan untuk meminimalisasi penyakit campak dan rubella yang rentan menyerang pada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun.

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Hj. Dian Mardiani, bahwa penyakit campak dan rubella cukup berbahaya jika tidak diantisipasi secara dini. Menurutnya penyakit tersebut dapat menyerang pada otak, paru-paru, bahkan dapat menimbulkan kematian bagi penderita.

Beliau juga menjelaskan bahwa penyakit campak dan rubella dapat menular dari anak-anak kepada ibu hamil, sehingga dapat mengakibatkan cacat pada bayi yang dilahirkan.

"Penyakit campak dan rubella ini cukup berbahaya jika tidak diantisipasi, imunisasi ini merupakan upaya pencegahan agar penyakit tersebut dapat diminimalisasi." jelasnya saat diwawancara.

Beliau berharap dengan adanya kegiatan imunisasi MR tersebut Indonesia dapat terhindar dari penyakit campak dan rubella yang selama ini menjadi momok menakutkan di masyarakat.

Kegiatan imunisasi tersebut pun berjalan lancar, meski awalnya beberapa siswa tampak tegang, takut, bahkan tidak mau disuntik. Namun setelah diberikan penjelasan oleh perawat dan bidan, para siswa akhirnya mau diimunisasi.

Berdasarkan data, kegiatan Imunisasi MR di SMP Negeri 1 Cidahu sudah memenuhi target, pasalnya tingkat kehadiran siswa yang diimunisasi mencapai 95%.

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers