Permainan Tradisional Kekunoan di Garap Kekinian

August 30, 2017

Kuningan, (BK) - Nostalgia ragam permainan tradisional anak-anak khas Sunda dimainkan dalam kegiatan Festival Alimpaido 2017 di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Acara yang digagas Karangtaruna Maniskidul untuk memeriahkan milangkala desa Maniskidul yang diisi dengan perlombaan, workshop, dan pementasan "Kompilasi Kaulinan Barudak" yang dimainkan anak-anak  SD dan MI Maniskidul mampu menghipnotis para pengunjung yang bernostalgia dengan permainan semasa kecil.

Menurut Asep Dheny selaku ketua Panitia Penyelenggara merasa terharu dan bangga bahwasanya permainan tradisional masih tetap di hati tidak kalah dengan gadgets..

"Kalau permainan sih banyak, cuma waktunya nggak kejejar jadi yang dilombakan cuma gogolodogan, egrang, dan bakiak," ungkap Asep Dheny.

Lebih lanjut Asep Dheny menyebutkan bahwa setelah melaksanakan acara permainan tempo dulu dilanjutkan dengan acara Workshop.

"Setelah selesai permainan dilanjutkan workshop kaulinan barudak dengan membuat wayang dari batang daun singkong dan kuda-kudaan dari pelepah pisang," lanjutnya.

Kemudian hasil dari workshop tersebut dipentaskan untuk properti kompilasi kaulinan barudak Maniskidul. (JN01).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »