Kepala Disperindag Kuningan : Stok Garam di Kuningan Belum Terlalu Langka

August 01, 2017

Kuningan, (BK) - Kelangkaan stok garam di pasar-pasar sebagian besar daerah di Indonesia menjadi tanda tanya besar bagi sebagian masyarakat, mengingat Indonesia adalah negara maritim dengan laut yang luas namun dimusim kemarau ini justru kesulitan mendapatkan stok garam termasuk di Pasar Baru Kuningan.

Baca juga: Garam Mulai Langka di Pasar Baru Kuningan

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Kabupaten Kuningan, Agus Sadeli mengungkapkan bahwa kelangkaan garam yang terjadi di Kuningan hanya sebagai dampak dari kelangkaan garam Nasional.

"Pertama bahwa Kuningan ini bagian NKRI, yang kebetulan berada di Jawa Barat bagian timur. Ketika secara Nasional keberadaan garam ini tersendat, maka kuningan pun ikut imbasnya," ungkap Agus Sadeli kepada wartawan beritakuningan.com pada hari Senin (31/7) di ruangannya.

Lebih lanjut Agus menyatakan bahwa ketersediaan garam di Kuningan saat ini pun masih belum terlalu langka, menurutnya mungkin di beberapa toko di pasar sudah kehabisan stok, namun di warung-warung kampung masih tetap tersedia.

"Kita dari pemerintah daerah tetap menghimbau kepada masyarakat agar tidak terburu-buru ikut panik, karena kebutuhan garam di Kuningan masih bisa terpenuhi," lanjut Agus.

Namun untuk mengantisipasi kelangkaan garam di Kabupaten Kuningan, Disperindag akan terus memantau alur pendistribusian garam dan akan bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang terkait dalam pendistribusian garam.

"Kita senantiasa berupaya mencari jalan keluar, diantaranya kita komunikasi dengan kota lain, bahkan dengan bulog dan saya berharap mudah-mudahan alur pendistribusian segera terkoreksi lagi dan ketersediaan garam lokal akan stabil lagi serta berupaya pendistribusiannya tidak terganggu lagi," pungkas nya. (JN01/Red)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »