Forum Pasien Hemodialisa, Berkumpul Menjadi Satu Keluarga


Kuningan, (BK) - Pasien Hemodialisa (HD) atau cuci darah akibat menderita gagal ginjal membutuhkan penanganan khusus mulai dari mengatur kebutuhan cairan, cara olah raga, traveling hingga asupan nutrisi harus diatur sesuai takaran.

Untuk itu, RSU El-Syifa bekerjasama dengan Fresenius Medical Care memberikan program edukasi kepada pasien hemodialisa dan keluarga melalui acara Forum Pasien Hemodialisa yang diselenggarakan di Raja Sea Food, Ahad (13/08).

General Manager Dialysis Sercives & Medical Affairs PT. Fresenius Medical Care, dr. Enny menerangkan bahwa acara tersebut merupakan edukasi yang diberikan sebagai salah satu bentuk pelayanan bagi pasien HD.

Selain pelayanan yang utama yaitu memberikan pelayanan dengan mesin berkualitas tinggi serta berteknologi Jerman yang modern dan mutakhir menggunakan water treatment berstandar internasional bersertifikasi AAMI, dokter dan perawat yang bersertifikasi , juga akan terus memberikan program edukasi secara rutin kepada pasien dan keluarga.

“Untuk program seperti ini, Rumah Sakit El-Syifa InsyaAllah akan diadakan rutin jadi sudah ada schedulenya masing-masing. Untuk bulan Agustus sampai Desember ini akan fokus memberikan edukasi pemberian nutrisi kepada pasien HD,” Ungkap dr. Enny.

Owner RSU El-Syifa, dr. Elly Wijaya Nursyam menambahkan bahwa pertemuan tersebut sekaligus sebagai acara silaturahmi antar sesama pasien HD agar dapat saling memberikan motivasi dan saling bercerita sekaligus bersilaturahmi dengan dokter dan perawat yang biasa mendampingi.

“Penanganan pasien HD berbeda dengan pasien lain. Yang dibutuhkan oleh pasien HD itu kekeluargaan dan motivasi dari orang yang paling dekat yaitu keluarga dan kita pun sudah seperti keluarga karena setiap seminggu dua kali kita bertemu selama lima jam,” ungkap dr. Elly

Hal senada diungkapkan Whyudin, Pasien RSU El-Syifa yang telah menjalanin proses cuci darah selama dua tahun.

“Rumah saya di Cilimus, sebetulnya saya melewati dua rumah sakit untuk sampai ke El-Syifa, tapi di El-Syifa saya sudah menemukan kenyamanan karena suasana kekeluargaannya. Bahkan dokter ahli hemodialisa pun dengan kami seperti keluarga, tidak tampil seperti dokter,” ungkap Wahyudin.

Wahyudin pun menambahkan bahwa selain kenyamanan yang membuat dirinya betah, dengan suasana kekeluargaan yang ada di RSU El-Syifa, juga membuat dirinya semakin yakin akan segera sembuh.

Karena pentingnya rasa kekeluargaan tersebut bagi pasien hemodialisa, tidak hanya pasien RSU El-Syifa, forum tersebut mencakup seluruh pasien hemodialisa yang ada di Kabupaten kuningan seperti pasien dari RSUD 45, RSUD Linggar Jati, RSU Juanda, dan lain-lain untuk berkumpul menjadi satu keluarga.(JN01/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers