DKPP Luncurkan JPP Tahap III Jelang Iedul Adha

August 31, 2017

Kuningan, (BK) - Jelang hari raya Iedul Adha pemberian bantuan Jaring Pengaman Pangan (JPP) yang merupakan salah satu program Jaring Pengaman Umat (JPU) tahap III diluncurkan, bertempat di halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan, pada hari Rabu (30/8).

Peluncuran  tahap III menjelang hari raya ini menyalurkan bantuan untuk 58 dhu'afa yang berada di Zona Merah atau Zona Rawan Pangan yang berada di beberapa Kecamatan di Kuningan yang disalurkan langsung oleh Kabid Distribusi Pangan DKPP,  H. Maryoto dibantu oleh tim Era TV.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan, Dr. Ukas Suharfaputra menjelaskan bahwa pemberian bantuan tersebut akan dilaksanakan secara rutin diberikan agar mitra JPU yang berada di Zona Merah tersebut bisa terpenuhi hak-haknya.

"Semoga ditahap berikutnya jumlah bantuan dan keluarga yang dibantu sama kita semakin bertambah, serta dari Tim JPU masih terus melakukan pengumpulan dan pemilahan data keluarga yang wajib dibantu," ungkap Dr. Ukas.

Dalam peluncuran tersebut dihadiri pula oleh Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, selaku staf ahli bupati bagian Kemasyarakatan dan SDM.

Dalam kesempatan tersebut Ir. H. Dodi Nurochmatuddin menjelaskan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Kuningan khususnya bupati sangat mendukung sekali gerak amal JPP-JPU tersebut, serta dalam waktu dekat akan dikeluarkan Peraturan Bupati (PerBup) terkait dengan masalah rawan pangan.

"Alhamdulillah bupati sangat mendukung langkah teman-teman yang tergabung dalam JPU, dalam waktu dekat akan dikeluarkan Peraturan Bupati yang mengatur masalah ini," katanya.

Lebih lanjut Ir. H. Dodi memaparkan bawah untuk kedepannya Tim JPU tidak hanya serta merta membantu dibidang pangan, melainkan dibidang lainnya pula.

"Di tahap-tahap selanjutnya tidak hanya DKPP yang terlibat, nanti dari Dinas-Dinas yang lain seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan yang lainnya akan ikut serta mendukung JPU sehingga bantuan yang diberikan tidak hanya pangan, tapi kesehatan, pendidikan, tempat tinggal layak, dan lainnya," lanjutnya.

Sedikit memperkenalkan bahwa Jaring Pengaman Umat adalah sebuah Forum Komunikasi yang terdiri dari unsur pemerintahan, swasta, perorangan, media, dan komunitas yang terbentuk atas keinginan luhur untuk membantu sesama sesuai kemampuan dan bidangnya.

Semua yamg terlibat berharap semoga semakin banyak yang bergabung dengan JPU, sehingga jumlah bantuan dan yang dibantu semakin bertambah dan bisa mengurangi angka-angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Kuningan. (JN01/Red)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »