Besok Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Saatnya Cek Kiblat

Foto: (Sumber: RUKYATULHILAL.org)

Kuningan, (BK) - Sholat adalah salah satu kewajiban utama bagi umat islam. Sholat merupakan tiang agama bagi umat Islam. Salah satu hal terpenting yang termasuk rukun sholat adalah menghadap kiblat. Di era tekhnologi modern ini banyak sekali alat untuk menentukan arah kiblat, namun masih ada yang meragukan akurasinya.

Salah satu metode yang dilakukan sejak lama ─Ćalam menentukan arah kiblat adalah dengan bantuan cahaya matahari dan sebuah alat bantu. Dimana dalam waktu tertentu matahari akan tepat berada diatas Ka'bah. Fenomena alam yang dikenal dengan A'dham atau Rashdul Qiblah tersebut diperkirakan akan terjadi esok hari.

Untuk itu Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam memberitahukan kepada kaum muslimin di seluruh Indonesia berdasarkan data astronomi, bahwa pada hari Ahad tanggal 16 juli 2017 pukul 16:27 WIB atau 17:27 WITA, matahari melintas tepat di atas Ka’bah, sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah lurus ke Ka’bah.

Untuk itu Kementrian Agama menghimbau, bagi kaum muslimin yang akan memperbaiki arah kiblatnya agar disesuaikan dengan arah bayang-bayang benda yang digunakan.

Selain itu agar perlu diperhatikan bahwa benda yang menjadi patokan harus berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata, serta jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

Diharapkan dengan adanya fenomena tersebut seluruh umat muslim di dunia dapat menyeragamkan arah kiblat dengan benar. (AR27/Red)

Post a Comment

0 Comments