Bank Sampah, Rencana Program Unggulan BUMDes Ancaran


Kuningan, (BK) - Pemerintah Desa Ancaran mengadakan sosialisasi, pendalaman, dan pengetahuan tentang Badan usaha Milik Desa (BUMDes) yang dihadiri sekitar 30 orang peserta terdiri dari unsur BPD, LPM, Perangkat Desa, Karang Taruna, beberapa perwakilan warga masyarakat dengan narasumber Aan Darmawan, pendamping Desa dari tingkat kabupaten pada hari Kamis (13/07).

Pada kesempatan tersebut, Ihwan Ihwanudin, selaku Ketua Bumdesa Ancaran terpilih, menyampaikan visi misi dan juga beberapa contoh program usaha yang akan digarap oleh Bumdes Ancaran yang diapresiasi dengan baik oleh Aan Darmawan.


“Salah satu program kami adalah Bank Sampah. Melihat di Desa Ancara ini terdapat pasar yang menghasilkan sampah yang lumayan besar, itu bisa menjadi potensi yang sangat bagus,” ungkap Ihwan.

Ketua Karang Taruna Desa Ancaran pun menyambut baik rencana tersebut. Dalam sesi tanya jawab, ketua Karang Taruna menyatakan bahwa Karang Taruna siap untuk bekerjasama dalam membangun Bumdes termasuk membantu program bank sampah tersebut.

Kepala Desa Ancaran, Iing Thohirade menyatakan bahwa pemerintah desa siap mendukung sepenuhnya termasuk masalah modal. Rencananya desa akan mengucurkan dana sekitar 50-100 juta sebagai modal awal.

“Untuk modal awal akan dicanangkan dari APBDES, nanti lihat perkembangan kedepan, kalaupun nanti memang usahanya maju, kita pun nanti akan mencari investor lain untuk tambahan modal.” ungkap Iing saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Menurutnya, selain Bank sampah, Ancaran pun memiliki banyak potensi untuk digali sebagai lahan usaha Bumdes baik disektor perdagangan, pertanian maupun pariwisata. (AR27)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers