Setelah JPP Tahap 2, DKPP Akan Buat Layanan Pangan 24 Jam Untuk Program JPU


Kuningan (BK) - Setelah sukses dengan program Jaring Pengaman Pangan (JPP) tahap I, kemarin tepatnya Rabu (21/06) Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan berbagai pihak yang tergabung dalam Jaring Pengaman Umat (JPU) meluncurkan program JPP tahap II sebagai bagian dari gerak amal JPU.

Dalam kesempatan ini DKPP menyalurkan beras kepada 45 fakir miskin ditambah paket gula pasir dari RSU El-Syifa, menggunakan mobil ambulance milik Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Muhammadiyah dan mobil DKPP dibantu penyaluran oleh tim Era TV yang sebelumnya telah dibantu pendataan oleh Sedekah Rombongan (SR).

Menurut kepala dinas DKPP, Dr. Ukas Suharfaputra, MP, InsyaAllah program ini akan terus konsisten menyasar dan membantu kaum dhuafa terbawah.

"Proses pengumpulan dan verifikasi data berjalan paralel dengan proses pendukungan terhadap mereka. Sasaran pokoknya, agar mereka bisa bertahan pada taraf pemenuhan pangan yang layak, tidak terperosok pada kondisi pangan yang tidak manusiawi." Ungkap Ukas.

Ukas menambahkan bahwa ini adalah prioritas JPP dan JPU, yaitu kaum yg paling miskin dengan ciri pokok hampir tidak mampu hidup secara manusiawi dan kapasitas produktifnya nol atau hampir nol. Untuk itu pihaknya akan membuat program layanan pangan 24 jam.

"Pada akhir tahun DKPP akan menyempurnakan sistem sokongan rawan pangan ini, sehingga diharapkan nanti ada unit surveilance dan sokongan rawan pangan 24 jam, InsyaAllah." ujar Ukas.

Selain itu, Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, MP selaku staf ahli bupati yang tergabung dalam JPU selaku penasehat mewakili sektor pemerintahan, menanggapi bahwa JPP tahap II oleh JPU Lebih lancar,  lebih bagus, dan lebih tepat sasaran. Selain itu Dodi berharap kedepannya JPU bisa lebih baik.

"Sasaran bisa diperluas, sosialisasi kepada donatur lebih digalakkan sehingga kesinambungan JPU lebih meningkat." pungkas Dodi. (AR27)

Post a Comment

0 Comments