Forum Jaring Pengaman Umat (JPU), Upaya Menanggulangi Masalah Darurat Masyarakat

Pertemuan Forum Jaring Pengaman Umat (JPU) bertempat di Kantor BAZNAS Kuningan Jum'at (12/05).
 
Kuningan - Jum'at (12/05) bertempat di Kantor BAZNAS Kuningan, diadakan pertemuan forum Jaring Pengaman Umat (JPU). Dihadiri oleh Dr. Ukas Suharfaputra, S.P., M.P Kadis DKPP Kab. Kuningan,  H. Uba Subari, AK  Ketua BAZNAS Kuningan, dr. H. Zaenal Arifin, MH.Kes direktur RSUD Linggajati, Lela Basiul Produser program Era Berbagi Kasih (EBK) Era TV, Eva Komandan Sedekah Rombongan (SR) Kuningan, Tatang Budiman, Amar Thohir mewakili wartawan, dan Dedi moderator yang mewakili BAZNAS sebagai tuan rumah. Selain itu juga akan bergabung dr. Elly Nursyam selaku direktur RSU El Syifa.

Terbentuknya forum tersebut bertujuan untuk membantu permasalahan darurat masyarakat terutama terkait fakir miskin seperti masalah darurat pangan, kesehatan, pendidikan, dan masalah darurat sosial lainnya yang belum tersentuh.

"Ini adalah pertemuan ke-3, diharapkan kedepannya ini dapat menjadi bola salju, semakin banyak yang terketuk pintu hatinya untuk ikut terlibat." Ungkap  Dr. Ukas Suharfaputra, S.P., M.P , Kadis DKPP salah satu inisiator forum tersebut.

Ukas menambahkan bahwa saat ini sistem bantuan masih sporadis, diharapkan kedepan masing-masing tim memiliki program pada bidang masing-masing.

"Untuk DKPP memprogramkan Jaring Pengaman Pangan, nah untuk bidang lain pun diharapkan kedepannya dapat membuat program masing-masing sesuai bagiannya. Seperti Jaring pengaman kesehatan, pendidikan, sosial, dan lain-lain sehingga lebih efisien." Tambah Ukas.

Sedangkan untuk BAZNAS sendiri telah memiliki berbagai program terkait masalah sosial masyarakat.

"BAZNAS Kuningan sangat mendukung dan siap membantu masyarakat yang membutuhkan dengan program-program yang kami miliki." Ungkap H. Uba Subari, AK, Ketua BAZNAS Kuningan.

Selain itu, Lela Basiul pun mengungkapkan bahwa perlunya keterlibatan media yang salah satu fungsinya adalah sebagai kontrol sosial.

"Media itu sebagai kontrol sosial yang harus berperanserta dalam setiap lini kehidupan sosial masyarakat, untuk itu kami dari Era TV merasa perlu untuk terlibat dalam forum ini." Ungkap Lela mewakili media.

Untuk bidang kesehatan, Sedekah Rombongan (SR) Kuningan siap menangani pendampingan pasien termasuk rumah singgah bila harus dirujuk ke Rumah Sakit di luar kota.

Sedangkan untuk masalah pelayanan kesehatan, dr. H. Zaenal Arifin, MH.Kes dan dr. Elly Nursyam menyatakan siap untuk terlibat dalam forum ini untuk membantu menangani masalah-masalah darurat kesehatan.

Semua berharap agar  semakin banyak pihak yang terlibat dan forum ini dapat menjadi solusi untuk mewujudkan kemaslahatan  ummat serta membantu mewujudkan Kuningan Mandiri Agamis Sejahtera. (AR27)
 


Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers