Inilah Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan

dr. Maria G.N.D.A.R, saat menjelaskan dapmak negatif dari penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan.

Kuningan - Narkoba merupakan salah satu senjata untuk menghancurkan suatu bangsa. Saat ini narkoba tidak hanya dalam peredaran dan penyalahgunaannya saja, tapi merupakan bentuk proxy war sebagaimana yang pernah disampaikan ketua BNN, Komjen Pol. Budi Waseso.

Narkoba pun menjadi senjata efektif untuk menghancurkan generasi bangsa baik fisik maupun mental. Banyak dampak negatif untuk kesehatan yang disebabkan akibat dari penyalahgunaan narkoba sebagaimana disampaikan dr. Maria G.N.D.A.R, salah satu dokter yang telah mengikuti pelatihan assessor yang diselenggarakan BNN.

“Apapun jenis narkobanya itu, selain menyerang organ yang berhubungan langsung dengan zatnya, juga menyerang ke susunan syaraf pusat. Jadi otomatis bahayanya pada seluruh tubuh.” Ungkap dr. Maria pada wartawan portal berita online beritakuningan.com diruang kerjanya, Rabu (19/05).

Dokter yang berdinas di Puskesmas Windu Sengkahan ini menjelaskan bahwa akibat serangan pada syaraf pusat tersebut dapat menyebabkan akibat fatal diantaranya kehilangan ingatan seperti pikun dini, tremor yang menyebabkan bagian tubuh bergetar, menyebabkan kerusakan pada jantung, dan untuk obat-obatan oral dapat menyebabkan iritasi pada lambung hingga lambung mengalami kebcoran.

Efeknya pun bermacam-macam tergantung dari jenis narkoba, cara penggunaan dan intensitas penggunaan.

“Semakin banyak intensitas penggunaannya, otomatis efek sampingnya pun akan semakin berat. Dan yang paling fatal adalah menyebabkan kematian.” Pungkas dr. Maria. (AR27)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers