Hari Krida Pertanian Mantapkan Kelembagaan Tani Sebagai Mitra Pemerintah


Kuningan, (BK) - Peringatan Hari Krida Pertanian Tingkat Kabupaten Kuningan kali ini mengusung tema "Melalui Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 tahun 2017 kita mantapkan kelembagaan tani sebagai mitra pemerintah menuju kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani."

Dalam puncak acara Hari Krida Pertanian yang di selenggarakan di alun-alun Kadugede Desa/Kecamatan Kadugede pada hari Rabu (2/8) kemarin, tampak hadir Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH dan para Kepala Dinas yang terkait dengan pertanian diantaranya Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan memaparkan bahwa momen Hari Krida Pertanian sebagai wujud rasa syukur atas keberhasilan dalam bidang pertanian atau dalam bidang lainnya yang terkait dengan pertanian.

"Kegiatan hari ini sebagai tasyakur nikmat sekaligus kita bersilaturahmi, halal bihalal, dan juga dalam rangka meningkatkan kerjasama antar pemda dengan kemitraan pemda dan antar dinas-dinas dengan para pelaku termasuk para petani dan pengrajin, dan mudah-mudahan acara ini bukan hanya seremonial semata," ungkap Acep.

Kegiata Hari Krida Pertanian tersebut diisi dengan perlombaan-perlombaan untuk petani dari mulai keterampilan pasang bongkar hand spayer, lomba makanan-makanan non beras, dan lain-lain guna memberikan kesempatan pada para petani untuk berekspresi.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan, Triastami mengatakan bahwa Hari Krida Pertanian adalah hajat para petani.

"Hari Krida Pertanian itu menyangkut tiga point diantaranya kelembagaan, ketahanan pangan, dan kesejahteraan petani. Intinya ini adalah hajatnya petani mereka boleh bereksperi dalam lomba-lomba, maupun berembuk dalam tiga point tadi," ungkap Triastami.

Selain itu, dalam acara tersebut
dilaksanakan pula penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada para petani dan penyuluh pertanian teladan yang masuk kedalam kategori dan penyerahan tersebut langsung diberikan oleh Bupati Kuningan yang didampingi oleh Kadis Pertanian dan Kepala Pusat Penyuluhan Provinsi Jawa Barat, Eti Mulyati. (JN01)

Post a Comment

0 Comments